Menampilkan(Load) Gambar di luar Flash [ActionScript 3.0]

Kalo sebelumnya kita sudah membuat untuk menampilkan gambar di luar flash pada actionscript 2.0 pada flash 8, maka sekarang kita akan mencoba untuk menampilkan gambar pada actionscript 3.0. Agar dapat meng-compile actionscript 3.0, maka kita butuh minimal Flash CS3.

Langsung aja deh ;)

  • Seperti biasa buat sebuah dokumen baru dengan ActionScript 3.0.
  • Kemudian kita siapkan sebuah gambar baik jpg, png, atau bmp semuanya terserah. Namun sekarang di sini kita akan sisipkan sebuah gambar berekstensi jpg.

    flash logo

    flash logo

  • Kemudian pada layer 1 pada frame 1, kita klik dan tekan F9 pada keyboard, maka panel Actions akan muncul ;)
  • Kemudian kita ketikkan script berikut :
    //menginisialisasi loader
    //loader digunakan untuk menampung gambar
    var loader:Loader = new Loader();
    
    //url request digunakan untuk mengubah alamat yang bertipe string
    //menjadi URL
    var request:URLRequest = new URLRequest("flash_logo.jpg");
    
    //melakukan load
    loader.load(request);
    
    //membuat movieclip kosong
    var movie = new MovieClip();
    //menambahkan event onPress
    movie.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_DOWN, onMoviePress);
    //menambahkan event onRelease
    movie.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP, onMovieRelease);
    //memasukkan loader kedalam movie
    movie.addChild(loader);
    //memasukkan movie kedalam stage/root
    addChild(movie);
    
    //fungsi ketika diklik
    function onMoviePress(e:MouseEvent){
    	//melakukan start drag
    	e.currentTarget.startDrag();
    }
    
    //fungsi ketika dilepas
    function onMovieRelease(e:MouseEvent){
    	e.currentTarget.stopDrag();
    }
  • Karena file-nya bersifat eksternal, jadi lebih baik coba untuk didownload saja :P

Download Source : SINI

VN:F [1.9.8_1114]
Rating: 5.5/10 (2 votes cast)
VN:F [1.9.8_1114]
Rating: +1 (from 3 votes)
Menampilkan(Load) Gambar di luar Flash [ActionScript 3.0], 5.5 out of 10 based on 2 ratings

Related posts:

  1. Menampilkan(Load) Gambar di luar Flash
  2. Mengeksport gambar transparan dari flash
  3. Setting Library Papervision 3D di Flash [ActionScript 3.0]
  4. Memasukkan gambar ke flash
  5. Perintah Untuk Keluar dari Aplikasi Flash