Membuat Aplikasi “PaintDraw” – Part #1

2 Comments

Pada tutorial Menggambar bentuk dengan Action Script 3.0, anda sudah mengenal Drawing API untuk membuat objek dasar seperti gambar garis, kotak, lingkaran dan sebagainya. Disini kita aka mencoba membuat program paint sederhana dengan memanfaatkan drawing api.
Pertama, kita buat Toolbox sederhana seperti gambar berikut:

Toolbox

Toolbox

  1. Aktifkan Rectangle Tool. Setting Properti dengan, stroke color :No, Fill Color: #EDEDED, Round: 5px. Buat kotak persegi panjang.

    Toolbox Background

    Toolbox Background

  2. Tambahkan objek lain seperti menambahkan label “Fl” dengan warna border merah dan area putih pada bagian tengah kotak.

    Pembuatan Toolbox

    Pembuatan Toolbox

  3. Seleksi semua objek di atas kemudian Konversi menjadi symbol Movieclip. Beri nama “Toolbox”.

    Convert To Symbol

    Convert To Symbol

  4. Percantik tampilan toolbox dengan menambahkan filter Drop Shadow. Dengan memilih menu Window > Propertise > Filter. Klik tanda ‘+’ kemudian pilih Drop Shadow.

    Drop Shadow

    Drop Shadow

  5. Buat gambar pencil kemudian ubah menjadi movie clip. Pada instance name beri nama “pencil_mc”.

    Panel Properties

    Panel Properties

  6. Masuk menu edit symbol movie clip pencil. Buat keyframe baru pada frame 2. Buat tampilan yang berbeda pada pencil seperti gambar berikut:

    Frame 1 dan 2

    Frame 1 dan 2

  7. Pada frame 1 buka panel action kemudian beri perintah stop();
  8. Kembali ke scene utama dengan menekan Scene 1.
  9. Buat objek garis tipis kemudian konversi menjadi movie clip. Pada instance name beri nama “line1_mc”.
  10. Masuk menu edit symbol movieclip “line1_mc”. Pada frame dua buat gambar yang berbeda seperti berikut

    Frame 1 dan 2

    Frame 1 dan 2

  11. Pada frame 1, beri action stop(); lalu kembali ke scene utama.
  12. Lakukan langkah 9-11 untuk membuat objek garis lainnya dengan ketebalan yang berbeda.
  13. Yang terakhir kita buat palet warna, untuk membuatnya kita cukup memanfaatkan komponen ColorPicker yang sudah tersedia pada flash. Lakukan dengan memilih menu Windows > Components. Pada bagian User Interfaces, drag ColorPicker ke dalam stage.
    Color Picker

    Color Picker

     

  14. Pada instance name, beri nama “paletColor”.
  15. Setelah semua objek selesai dibuat, atur hingga tampak seperti gambar berikut:
    Hasil

    Hasil

    Untuk Lanjutannya, silakan dilihat di sini : http://blog.flashindonesia.com/2013/01/membuat-aplikasi-paintdraw-part-2/

VN:F [1.9.8_1114]
Rating: 10.0/10 (1 vote cast)
VN:F [1.9.8_1114]
Rating: +1 (from 1 vote)
Membuat Aplikasi "PaintDraw" - Part #1, 10.0 out of 10 based on 1 rating

 

More from our blog

See all posts
2 Comments
  1. Reply

    Thanks sharingnya, gan!
    Salam kenal…Kalau berkenan mau ngundang untuk ikutan gabung dengan teman-teman lain yang sudah SUBMIT URL BLOG-nya ke Direktori Weblog Indonesia :)

    VA:F [1.9.8_1114]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.8_1114]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. Reply

    Terima kasih infonya…

    VA:F [1.9.8_1114]
    Rating: 5.0/5 (1 vote cast)
    VA:F [1.9.8_1114]
    Rating: +1 (from 1 vote)
 

Leave a Comment

[+] kaskus emoticons nartzco