Mengganti Mouse Saat Drag and Drop

No Comments

Untuk mengganti mouse saat melakukan drag & drop sebuah object mungkin sedikit memerlukan script, karena kita tidak bisa melakukan fungsi startDrag( ) pada lebih dari 1 object.

Caranya, tentu saja kita membuat sebuah sample untuk drag drop terlebih dahulu, seperti ini :

Untuk scriptnya, seperti biasanya saja, untuk yang ingin tau bisa dilihat di bawah ini :

import flash.display.MovieClip;
import flash.events.MouseEvent;
import flash.ui.Mouse;
import flash.events.Event;

var grumpyMc:MovieClip;
grumpyMc.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_DOWN, grumpyOnMouseDown);
function grumpyOnMouseDown(e:MouseEvent) {
	grumpyMc.startDrag();
	stage.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP, grumpyOnMouseUp);
}
function grumpyOnMouseUp(e:MouseEvent){
	grumpyMc.stopDrag();
	stage.removeEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP, grumpyOnMouseUp);
}

Lanjutannya Begini

Kalo contoh di atas adalah drag & drop biasa, sekarang kita ingin menambahkan kursor. Caranya buat movieclip dengan instance name : “cursorMc”, lalu tambahkan coding di atas hingga jadi seperti di bawah ini :

import flash.display.MovieClip;
import flash.events.MouseEvent;
import flash.ui.Mouse;
import flash.events.Event;

var grumpyMc:MovieClip;
grumpyMc.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_DOWN, grumpyOnMouseDown);
function grumpyOnMouseDown(e:MouseEvent) {
	showMouse();
	grumpyMc.startDrag();
	stage.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP, grumpyOnMouseUp);
}
function grumpyOnMouseUp(e:MouseEvent){
	hideMouse();
	grumpyMc.stopDrag();
	stage.removeEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP, grumpyOnMouseUp);
}


//tambahan
var cursorMc:MovieClip;
cursorMc.mouseEnabled = false;
function showMouse(){
	cursorMc.visible = true;
	Mouse.hide();
	stage.addEventListener(Event.ENTER_FRAME, mouseCursorEnterFrame);
}
function hideMouse(){
	cursorMc.visible = false;
	Mouse.show();
	if(stage.hasEventListener(Event.ENTER_FRAME)){
		stage.removeEventListener(Event.ENTER_FRAME, mouseCursorEnterFrame);
	}
}

function mouseCursorEnterFrame(e:Event){
	cursorMc.x = stage.mouseX;
	cursorMc.y = stage.mouseY;
}

hideMouse();

Sekarang, tes movie :

Penjelasan Kode Di Atas

Kode fungsi mouseCursorEnterFrame sebenarnya sama dengan fungsi startDrag, oleh karena kita tidak bisa men-drag 2 object, maka kita menggunakan event enterFrame.
fungsi Mouse.hide() digunakan untuk menyembunyikan mouse asli, sedang Mouse.show() untuk menampilkannya kembali.
Agar kursor kita tidak bisa diklik, maka perlu men-disable click pada cursor, yaitu dengan memanggil kode cursorMc.mouseEnabled = false.

Terima Kasih :)

Download : https://www.dropbox.com/s/svpb5gsmrlh1fy5/MouseDragDrop.zip

VN:F [1.9.8_1114]
Rating: 7.3/10 (4 votes cast)
VN:F [1.9.8_1114]
Rating: -1 (from 1 vote)
Mengganti Mouse Saat Drag and Drop , 7.3 out of 10 based on 4 ratings

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."

 

More from our blog

See all posts
No Comments
  1. Reply

    Your comment is awaiting moderation.

    Artikelnya cukup membantu. Sebelumnya permisi gan, numpang promosi, kunjungi https://tevort. blogspot.co.id/ di sana kami juga akan menampilkan berita tentang start up kami yang baru berkembang dalam mengembangkan aplikasi berbasis Android. Terimakasih :)

    VA:F [1.9.8_1114]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.8_1114]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. Reply

    Your comment is awaiting moderation.

    Terimakasih tutorialnya bermanfaat banget, aku juga punya nih Tutorial Gratis

    VA:F [1.9.8_1114]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.8_1114]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • imelda
    • March 13, 2015
    Reply

    Your comment is awaiting moderation.

    mas mo minta tolong bisa ga?
    aq lg ada tugas kmpus bikin tts pake action script 2,sbenernya uda jd tp blm ada notifikasi klo slh ngisi jwbn.
    dosen q mnt d.ksih notifikasi klo misal jwbnnya slh,bs tlg ksih cntoh ga mas?
    uda stres banget nie ga nemu jln kluarnya.
    mohon pncerahannya ya mas.
    makasih

    VA:F [1.9.8_1114]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.8_1114]
    Rating: 0 (from 0 votes)
 

Leave a Comment

[+] kaskus emoticons nartzco